Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28858
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 4 Medang Deras Tp.2024/2025 |
Authors: | Khairunissa, Rahma |
Keywords: | Model pembelajaran Inkuiri;penalaran Matematis;Pembelajaran Matematika |
Issue Date: | 22-Aug-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji-t setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas, dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28858 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RAHMA KHAIRUNISSA_2102030018.pdf | Full Text | 5.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.