Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Dan Word Of
Mouth Terhadap Minat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee Pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan sampel 100 orang
Mahasiswa yang menggunakan aplikasi shopee dalam 1 tahun terakhir. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji, asumsi klasik, uji
t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan iklan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat berbelanja pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Word
of mouth secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berbelanja pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Iklan dan word of mouth secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Nilai
koefisien korelasi menunjukkan bahwa 43.7% variabel Minat berbelanja dapat
dijelaskan oleh variabel Iklan dan Word of Mouth. Sedangkan sisanya 56.3%
dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.