Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
citra merek terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh citra merek dan promosi secara bersama-sama terhadap
keputusan pembelian Oriflame pada Mahasiswa FEB UMSU. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB UMSU sedangkan sampel yang
memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 100
orang dengan menggunakan aksidental sampling. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji t dan Uji F,
dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program software SPSS versi 24.00. Secara parsial diketahui bahwa citra merek
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Oriflame
pada Mahasiswa FEB UMSU. Secara parsial diketahui bahwa promosi memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Oriflame pada
Mahasiswa FEB UMSU. Secara simultan diketahui citra merek dan promosi
secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian Oriflame pada Mahasiswa FEB UMSU.