Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan secara parsial terhadap loyalitas konsumen, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh harga secara parsial terhadap loyalitas konsumen serta
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara
simultan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Tiara Al-Fikri Tour and Travel.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian asososiatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah pengguna PT. Tiara Al-Fikri Tour and Travel pada tahun 2017-2018.
Sampel yang sesuai dengan kriteria berjumlah 91 responden dengan
menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data
menggunakan metode regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan
koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
Program software SPSS versi 22.
Hasil penelitian yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara
parsial terhadap loyalitas konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Secara simultan diketahui bahwa
kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh posotif dan signifikan terhadap
loyalitas konsumen pengguna jasa PT. Tiara Al-Fikri Tour and Travel.