Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28767
Title: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz di SD Al Ulum Terpadu T.A 2024/202
Authors: Rizki, Muhammad
Keywords: Motivasi Belajar;Media Pembelajaran;Quizizz;Penelitian Tindakan Kelas;SD Al Ulum Terpadu
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini berfokus pada rendahnya motivasi belajar siswa di SD Al Ulum Terpadu, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya penggunaan media yang menarik. Penggunaan metode ceramah yang dominan membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Al Ulum Terpadu pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media Quizizz. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 28%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 60%. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 56,9 pada pretest menjadi 71,7 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28767
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHAMMAD RIZKI TERBARU.pdfFull Text1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.