Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28745
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorISNAINI, AISYAH BALQISH-
dc.date.accessioned2025-10-02T03:54:13Z-
dc.date.available2025-10-02T03:54:13Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28745-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermain peran (role playing) terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah sebanyak 20 siswa yang diberikan 2 pembelajaran yaitu pebelajaran konvensional dan pembelajaran menggunakan bermain peran (role playing), sebelum pembelajaran di terapkan peneliti memberikan lembar angket minat belajar siswa terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Role Playing. Data dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa angket minat belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil minat belajar siswa sebelum di terapkan model pembelajaran role palaying di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar siswa dengan skor pretest 55,6% kemudian setelah diterapkan model pembelajaran bermain peran di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar siswa dengan skor 83,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran role palying terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah. Dengan demikian model pembelajaran role playing dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Bermain Peranen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BIDAYATUL HIDAYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AISYAH BALQISH ISANINI_2102090207.pdfFull Text2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.