Abstract:
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, dimana penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah
perusahaan. Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini dilakukan
perusahaan yang menggeluti dibidang usaha industri roti yaitu pada UMKM
Pabrik roti Alfaris Bakery Medan. Data yang diperoleh dari hasil data primer, data
sekunder. Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah-langkah dari uji
analisis SWOT, diantaranya yaitu dengan menggunakan Matriks IFAS, Matrik
EFAS, serta Diagram SWOT. Nilai hasil dari uji matrik IFAS (2,76) digunakan
sebagai sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks
EFAS (2,80) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT. Hasil
SWOT menerangkan bahwa perusahaan berada pada daerah I, dimana pada
daerah tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor internal perusahaan dalam
keadaan kuat. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan
diagram SWOT menunjukkan kondisi perusahaan berada pada Kuadran I, dimana
hal tersebut berarti bahwa UMKM Pabrik roti Alfaris BakeryMedan berada posisi
Growth (berkembang) dan strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi
pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Dengan demikian,
strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery
Medan adalah Strategi Agresif, yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan
kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.