Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28564
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHARAHAP, MUHAMMAD HUSEIN SONANG AFIANSYAH-
dc.date.accessioned2025-09-20T04:42:37Z-
dc.date.available2025-09-20T04:42:37Z-
dc.date.issued2025-08-25-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28564-
dc.description.abstractPerkerasan jalan merupakan bagian dari struktur jalan yang berupa lapisan jalan yang memiliki suatu ketebalan, kekuatan dan kestabilan agar bisa menyalurkan beban lalu lintas di atasnya ke tanah dasar. Penelitian ini berada pada Proyek Rekonstruksi Jalan Teluk Nibung - Pematang Pasir Kota Tanjung Balai (STA 0+000 sampai dengan STA 1+000). Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan perhitungan tebal lapis perkerasan dengan 3 metode yaitu Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017, Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2024 dan American Association of state highway and transportation official (AASHTO) 1993. Perbandingan ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan dari setiap metode yang memengaruhi hasil tebal lapisan, serta untuk mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam menghitung tebal lapis konstruksi jalan. Hasil perhitungan menunjukkan perbedaan signifikan pada tebal masing-masing lapisan. Dengan Metode MDP 2017, tebal lapisan yang dihasilkan adalah AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, LFA Kelas A 40 cm, dan timbunan pilihan 17,5 cm. Sementara itu, Metode MDP 2024 menghasilkan tebal lapisan HRS-WC 5 cm, LFA Kelas A 15 cm, LFA Kelas B 15 cm, dan timbunan pilihan 15 cm. Terakhir, Metode AASHTO 1993 menghasilkan tebal lapis permukaan 10 cm, lapis pondasi atas 9 cm, lapis pondasi bawah 10 cm, dan timbunan pilihan 60 cm. dan dari tiga metode yang digunakan perhitungan yang efektif adalah perhitungan yang menggunakan manual desain perkerasan (MDP) 2017 dan manual desain perkerasan (MDP) jalan 2024.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMDP 2017en_US
dc.subjectMDP 2024en_US
dc.titlePERBANDINGAN PERHITUNGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE MDP JALAN 2017, MDP JALAN 2024 DAN AASHTO 1993 PADA PROYEK JALAN TELUK NIBUNG-PEMATANG PASIR KOTA TANJUNG BALAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Husein Sonang Afiansyah Harahap_Teknik Sipil_2307210224P.pdfFull Text4.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.