Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28523
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HANAFI, ZAKY | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-19T04:10:49Z | - |
dc.date.available | 2025-09-19T04:10:49Z | - |
dc.date.issued | 2025-09-03 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28523 | - |
dc.description.abstract | Analisis seismik jembatan kereta api sering mengabaikan fleksibilitas tanah dengan mengasumsikan perletakan jepit (fixed-base). Studi ini menginvestigasi pentingnya Interaksi Tanah-Struktur (SSI) terhadap respons dinamis fondasi jembatan kereta api BH-40. Penelitian ini membandingkan empat model elemen hingga, yang masing-masing merepresentasikan jembatan utuh dan substruktur, baik dengan asumsi perletakan jepit maupun dengan memasukkan efek SSI. Pemodelan SSI dilakukan menggunakan pegas tanah nonlinier yang kekakuannya ditentukan dari kurva p-y dan q-w, serta disesuaikan untuk efek kelompok tiang. Parameter utama yang dianalisis adalah perpindahan lateral dan gaya-gaya dalam pada pilar. Hasilnya menunjukkan bahwa model yang menyertakan SSI secara signifikan meningkatkan akurasi prediksi perpindahan lateral dibandingkan model perletakan jepit yang kaku. Lebih lanjut, SSI menyebabkan redistribusi gaya dalam yang kompleks. Momen lentur dan gaya geser utama cenderung berkurang, sementara gaya lain seperti torsi mengalami amplifikasi. Ini menyoroti bahwa mengabaikan SSI dapat menghasilkan desain yang tidak hanya terlalu konservatif tetapi juga berpotensi tidak aman untuk komponen tertentu. Studi ini menyimpulkan bahwa model jembatan utuh dengan SSI memberikan prediksi perilaku struktural yang paling realistis. Mengabaikan SSI menyebabkan peremehan deformasi dan penilaian gaya dalam yang tidak akurat. Oleh karena itu, penyertaan SSI sangat penting untuk memastikan desain seismik jembatan yang aman dan ekonomis. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Interaksi Tanah-Struktur (ITS) | en_US |
dc.subject | Analisis Seismik Jembatan | en_US |
dc.title | ANALISIS INTERAKSI TANAH STRUKTUR AKIBAT BEBAN DINAMIS TANAH TERHADAP FONDASI TIANG PADA BH-40 JEMBATAN KERETA API BAJALINGGEI- SIANTAR (Studi Kasus) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_ZAKY HANAFI_2107210012.pdf | Full Text | 6.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.