Abstract:
Penelitian ini dilakukan penulis bertujuan untuk menganalisis Good Corporate Governace
(GCG) Pada UKM Mart, dengan menggunakan Prinsip- prinsip Good Corporate Governace
(GCG) . Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan objek penelitian adalah metode wawancara
di UKM Mart. Dengan hasil wawancara yang dilakukan peneliti berupa tanya jawab tentang
prinsip- prinsip Good Corporate Governace yang dilakukan UKM Mart.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Good Corporate Governace (GCG) pada UKM Mart
sudah di teraokan dengan baik, dan mengalami perubahan pada perusahaan semakin baik
manajemennya. Hal ini dapat di ukur dengan pelaksanaan Prinsip- Prinsip Good Corporate
Governace (GCG) yaitu Transparency (Transparansi), Accountability (Akuntabilitas),
Responsibilty (Responsibilitas), Indepedency (Kemandirian), Fairness (Kewajaran) mengalami
perubahan yang sangat baik setelah di terapkan pada UKM Mart.
Penerapan GCG dilakukan dengan 3 langkah yaitu : 1. Persiapan
2. Impelementasi
3. Evaluasi