Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28249
Title: | PENERAPAN PROGRAM RUANG BELAJAR PINTAR DAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN NON-FORMAL DI SANGGAR BELAJAR 'AISYIYAH KAMPUNG PANDAN MALAYSIA |
Authors: | HAKIKI, BAROKAH SUCI |
Keywords: | Ruang Belajar Pintar dan Kreatif;Pendidikan Non Formal Minat Belajar. |
Issue Date: | 7-Aug-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Program Ruang Belajar Pintar dan Kreatif dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui bimbingan non formal di Sanggar Belajar Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas IV SD yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas guru dari 69% (siklus I) menjadi 97% (siklus II), aktivitas siswa dari 65% kategori "cukup" menjadi 90% kategori "sangat baik", dan hasil belajar siswa dari skor rata-rata 50 (pra-siklus) meningkat menjadi 62 (siklus I) dan 85 (siklus II), melampaui KKM yang ditetapkan (75). Program ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, mengubah persepsi siswa terhadap belajar, serta meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran melalui bimbingan non-formal efektif dalam mengatasi rendahnya minat belajar siswa dan memperkuat integrasi antara pendidikan formal dan non-formal untuk pengembangan potensi peserta didik secara optimal. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28249 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Scan G-CD - Suci.pdf | Full Text | 6.09 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.