Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28228
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN TP. 2024/2025 |
Authors: | MUNTHE, YUNITA ULFA |
Keywords: | Media Flash Card;Kemampuan Membaca |
Issue Date: | 25-May-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi kata kerja di kelas II SD Muhammadiyah 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas II A sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan siswa kelas II B sebagai kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah 13 Medan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas II pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan dari nilai pre test sebesar 38,5 menjadi 71,4 pada post test. Kemampuan membaca siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan media flash card, dari nilia rata-rata pre test 49,3 menjadi 78,75pada post test. Hal ini menunjukkan bahwa media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat dari hasil Uji Hipotesis. Berdasarkan perhitungan maka Uji “t” yang diperoleh adalah nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,004. Dengan demikian nilai signifikansi (2-tailed) 0,004 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 13 Medan. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28228 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
proposal ulfaa_Terbaru (3).pdf | Full Text | 4.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.