Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28202
Title: PENGARUH KNOWLEDGE, SOCIAL INFLUENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL LISTRIK YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA MEDAN
Authors: SAUTI, THAMRIN
Keywords: Knowledge;Social Influence;Keputusan Pembelian;Minat Beli;Persepsi Regulasi Pemerintah;Mobil Listrik
Issue Date: Jul-2025
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh knowledge,social influence terhadap keputusan pembelian mobil listrik, yang dimediasi oleh minat beli konsumen, dengan persepsi regulasi pemerintah sebagai variabel moderator di Kota Medan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peningkatan kesadaran akan isu lingkungan dan dorongan pemerintah terhadap penggunaan kendaraan listrik, namun adopsi mobil listrik di Indonesia, khususnya Medan, masih menghadapi tantangan. Social Psychological Factors, seperti penegtahuan dan pengaruh sosial yang diperkirakan memainkan peran penting dalam membentuk minat beli dan pada akhirnya keputusan pembelian. Selain itu, persepsi masyarakat terhadap regulasi pemerintah yang mendukung kendaraan listrik juga dihipotesiskan dapat memperkuat hubungan antara minat beli dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden di Kota Medan. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan mediasi dan analisis moderasi untuk menguji peran variabel persepsi regulasi pemerintah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor psikologis dan sosial yang memengaruhi keputusan pembelian mobil listrik, serta implikasi dari kebijakan pemerintah dalam mendorong transisi ke kendaraan ramah lingkungan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28202
Appears in Collections:Masters in Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Thamrin Fix.pdf5.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.