Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28198
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME EDUKATIF BERBASIS GENIALLY MATERI BILANGAN BULAT
Authors: MASLAHA
Keywords: Pengembangan;Media Pembelajaran Interaktif;Game Edukatif Matematika;Genially.
Issue Date: 7-Sep-2024
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh media pembelajaran interaktif yang baru, mendeskripsikan tingkat kevalidan,tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan media berdasarkan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa pada pengembangan media interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang berbentuk game edukatif berbasis Genially. Hasil analisa kevalidan ahli materi menunjukkan bahwa media memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3,2, kevalidan ahli media menunjukkan bahwa media memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3,33, dan kevalidan ahli bahasa menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 2,75. Adapun hasil analisa kelayakan media yang diujikan ke lima orang peserta didik memenuhi kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,57 dan penyebaran media yang dilakukan ke 22 orang peserta didik memperoleh kategori sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 3,1. Untuk tingkat keefektifan dengan menganalisa tanggapan pendidik, diperoleh kategori efektif dengan perolehan skor rata rata sebesar 3,48 dalam uji coba lima orang peserta didik dan pada penyebaran media ke 22 orang peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 3,1 dengan kategori sangat efektif.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28198
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS MASLAHA 2220070012.pdf15.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.