Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27980
Title: | STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN |
Authors: | Annisa, Intani Rifqa |
Keywords: | Strateg Guru;Pendidikan Agama Islam |
Issue Date: | 13-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi perilaku bullying verbal di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Bullying verbal, yang kerap kali diabaikan karena tidak meninggalkan bekas fisik, memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi korban, seperti menurunnya rasa percaya diri, kecemasan, bahkan depresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying verbal yang terjadi di sekolah meliputi ejekan, penghinaan, dan pemberian julukan yang merendahkan. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya perhatian dari guru dan orang tua, serta pengaruh lingkungan sosial. Strategi yang diterapkan oleh guru PAI mencakup pendekatan persuasif melalui nasihat dan pembinaan akhlak, integrasi nilai-nilai Islam dalam materi pelajaran, serta menjalin komunikasi intensif dengan siswa dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendidik, serta mendorong terciptanya karakter siswa yang berakhlak mulia. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/27980 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI INTANI BISMILLAH SELESAI.pdf | Full Text | 4.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.