Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27980
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisa, Intani Rifqa-
dc.date.accessioned2025-06-24T04:45:36Z-
dc.date.available2025-06-24T04:45:36Z-
dc.date.issued2025-04-13-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27980-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi perilaku bullying verbal di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Bullying verbal, yang kerap kali diabaikan karena tidak meninggalkan bekas fisik, memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi korban, seperti menurunnya rasa percaya diri, kecemasan, bahkan depresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying verbal yang terjadi di sekolah meliputi ejekan, penghinaan, dan pemberian julukan yang merendahkan. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya perhatian dari guru dan orang tua, serta pengaruh lingkungan sosial. Strategi yang diterapkan oleh guru PAI mencakup pendekatan persuasif melalui nasihat dan pembinaan akhlak, integrasi nilai-nilai Islam dalam materi pelajaran, serta menjalin komunikasi intensif dengan siswa dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendidik, serta mendorong terciptanya karakter siswa yang berakhlak mulia.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectStrateg Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INTANI BISMILLAH SELESAI.pdfFull Text4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.