Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27836
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHAMMAD IDRIS, DACHI-
dc.date.accessioned2025-06-21T06:16:31Z-
dc.date.available2025-06-21T06:16:31Z-
dc.date.issued2025-04-21-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27836-
dc.description.abstractGerakan putar balik arah adalah melibatkan beberapa tahap kejadian yang mempengaruhi kondisi arus lalu lintas yang searah dengan arus kendaraan yang akan melakukan manuveru –turn, sebelum arus kendaraan tersebut menyatu dengan arus yang berlawanan. Kinerja lalu lintas menyatakan kualitas pelayanan suatu segmen jalan terhadap arus lalu lintas yang dilayaninya yang dinyatakan oleh nilai-nilai derajat kejenuhan (DJ) dan kecepatan tempuh (VT). Nilai DJ mencerminkan kuantitas pelayanan jalan berkaitan dengan kemampuan jalan mengalirkan arus lalu lintas, apakah segmen jalan yang ada memberikan pelayanan yang baik atau dimensi jalan yang ada mengalami masalah. Nilai VT merupakan ukuran kinerja kualitas pelayanan yang dapat dikonversi untuk menyatakan waktu tempuh (WT). Kualitas pelayanan jalan berkaitan dengan keinginan pengguna jalan untuk mencapai tujuan sehingga dapat digunakan untuk menilai kelayakan ekonomis dari segmen jalan yang bersangkutan. Hasil penelitian pada ruas jalan Setia Budi, TJ. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan menunjukkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 30,66 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 6,25 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 38 meter. untuk volume lalu lintas sebesar 2248,1 smp/jam, kapasitas 3230 smp/jam, dengan derajat kejenuhan sebesar 0,69 maka dapat diketahui bahwa tingkat pelayanan jalan Setia Budi, TJ. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan memiliki tingkat pelayanan level C, yaitu Arus stabil tetapi pergerakan kendaraan dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan sekurang-kurangnya 60(enam puluh) kilometer per jam, kepadatan lalu lintas sedang karena hambatan samping internal lalu lintas meningkat dan Pengemudi memiliki keterbatasan untuk memilih kecepatan, pindah lajur atau mendahui.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPutar Balik (U-Turn)en_US
dc.subjectKinerja Ruas Jalanen_US
dc.subjectWaktu Tempuhen_US
dc.subjectAntrianen_US
dc.subjectTingkat Pelayanan Jalanen_US
dc.titlePENGARUH PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN SETIA BUDI, TJ. REJO, KEC. MEDAN SUNGGAL, KOTA MEDAN (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD IDRIS DACHI.pdfFull text3.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.