Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27740
Title: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEDAGANGLEMANG KOTA TEBING TINGGI PASCA BEROPERASINYA JALAN TOL TRANS-SUMATERA
Authors: CICI, TRIANDINI
Keywords: Jalan tol Trans-Sumatera;Kota Tebing Tinggi;Pedagang lemang;Strategi komunikasi pemasaran
Issue Date: 20-Mar-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Dengan beroperasinya jalan tol, aksesibilitas dan pola perjalanan masyarakat mengalami perubahan yang signifikan, yang berdampak pada keberadaan dan pemasaran pada produk lokal, salah satunya lemang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh pedagang lemang kota Tebing Tinggi pasca beroperasinya jalan tol Trans-Sumatera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada pedagang lemang di wilayah Tebing Tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang lemang di Kota Tebing Tinggi tidak terlalu melakukan perubahan pasca beroperasinya jalan tol Trans-Sumatera, baik itu perubahan dalam produk, tempat, bukti fisik dan lainnya. Meskipun ada tantangan terkait dengan berkurangnya jumlah pengunjung akibat kemudahan akses ke kota lain melalui jalan tol, pedagang lemang tetap mempertahankan keunikan produk dan memperkuat hubungan emosional dengan konsumen.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27740
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CICI TRIADNDINI 2103110286.pdfFull text3.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.