Abstract:
mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan
oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses
dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan
proses IPA siswa kelas IV SD Ar-Rahman. Dalam penelitian ini peneliti
mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknis analisis data yang
peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas expert dan uji hipotesis
(uji t). Adapun hasil nilai rata-rata siswa sebelum penggunaan model Project
Based Learning (PjBL) 50,42 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 43.
Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa sesudah penggunaan model Project Based
Learning (PjBL) 79,15 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 62. Data hasil
pengujian uji-t yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui
bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan
bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya setelah
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terjadi sebuah
pengaruh terhadap keterampilan proses IPAS siswa kelas IV SD Ar-Rahman.