Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa,
pembelajaran masih sering berjalan dengan satu arah, guru kurang menerapkan
model pembelajaran yang menarik, hanya menerapkan model pembelajaran
ceramah. Dan guru kurang menerapkan model pembelajaran yang dapat mengasah
kreativitas siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa.
metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Swasta Muhammadiyah 19 Medan. Variabel bebas dari
penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning. Sedangkan
variabel terikat nya adalah kreativitas belajar. Teknik analisa data dalam penelitian
ini menggunakan yang pertama yaitu uji expert judgmen yang dimana lembar
observasi akan di lihat kelayakannya oleh dosen ahli, adapun hasil nya yaitu 16
valid 1 tidak valid. Artinya 94% valid, maka layak di gunakan sebagai penelitian.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T, Pengujian hipotesis
menggunakan Paired Sampel T-Test yang didahului dengan uji expert judgment .
Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi
sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap
Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV di SD Swasta muhammadiyah 19 medan.