Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian konten Instagram pada akun
@shiftmedia.id sebagai sarana dakwah digital, dengan fokus pada visual dan
audio yang digunakan. Dalam era digital, media sosial seperti Instagram telah
menjadi platform yang efektif untuk menyampaikan pesan dakwah, terutama
kepada generasi muda. Akun @shiftmedia.id dipilih karena popularitas dan
konsistensinya dalam menyajikan konten video dakwah yang relevan dan
menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan meliputi konten video
dakwah yang diunggah oleh akun @shiftmedia.id. Analisis difokuskan pada
analisis teks, visual dan audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun
@shiftmedia.id berhasil memanfaatkan aplikasi Instagram sebagai sarana dalam
menyajikan konten dakwah yang kreatif dan mudah dipahami. Konten-konten
tersebut mencakup berbagai topik keagamaan yang disajikan untuk kalangan
generasi muda serta menggunakan bahasa yang baik dan relevan dengan
kehidupan sehari-hari. Selain isi pesan, pemilihan warna teks yang sesuai, dan
latar video yang menarik, audio yang mendukung suasana penonton juga menjadi
elemen penting dalam penyajian konten. Kemudian, interaksi yang aktif dengan
pengikut melalui kolom komentar dan fitur lainnya menunjukkan adanya upaya
untuk membangun komunitas yang solid. Penelitian ini mengungkapkan bahwa
akun @shiftmedia.id telah berhasil mengoptimalkan Instagram sebagai sarana
dakwah digital. Dengan penyajian konten dakwah yang kreatif, efektif, inovatif,
dan relevan, akun ini mampu menjangkau khalayak luas dan memberikan
kontribusi positif dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan di era digital.