Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27706
Title: | ANALISIS ATTACHMENT THEORY TERHADAP PERILAKU FOMO BAGI SISWA SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN |
Authors: | SYAFITRI NURNAZILA, PASARIBU |
Keywords: | Attachment Theor;Fear of Missing Out (FoMO) |
Issue Date: | 22-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) merupakan fenomena psikologis yang banyak dialami oleh remaja, terutama akibat penggunaan media sosial yang intensif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Attachment Theory yang berbasis teori psikologi John Bowlby yang dikembangkan oleh Mary Ainsworth dan tingkat FoMO pada siswa SMA Negeri 1 Perbaungan, yang terletak di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana dan korelasi Pearson. Sampel penelitian berjumlah 165 siswa kelas X, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel attachment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap FoMO dengan nilai signifikansi p = 0,000 dan koefisien regresi B = 0,419. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,089, menunjukkan bahwa 8,9% variasi FoMO dapat dijelaskan oleh pola attachment, sedangkan 91,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil korelasi Pearson juga menunjukkan bahwa secure attachment berkorelasi negatif dengan FoMO (r = -0,285), sedangkan ambivalent attachment menunjukkan korelasi paling kuat dan positif (r = 0,322). Selain itu, sebanyak 65% responden menggunakan media sosial lebih dari 4 jam per hari, dan 62% mengaku sering merasa kehidupan orang lain di media sosial lebih menarik dari kehidupan mereka sendiri, yang menunjukkan adanya keterkaitan antara intensitas penggunaan media sosial, harga diri rendah, dan kecemasan sosial dengan tingkat FoMO. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola attachment dan faktor sosial digital berperan penting dalam mempengaruhi FoMO pada remaja. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi sekolah dan orang tua dalam mengembangkan strategi intervensi psikososial dan literasi digital untuk mengurangi dampak negatif FoMO. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27706 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tugas Akhir Syafitri Nurnazila.pdf | Full Text | 4.06 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.