Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berinovasi siswa
kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Model Pembelajaran PjBL menekankan
pada penugasan proyek yang memerlukan pemecahan masalah, kreativitas, dan
penerapan konsep pembelajaran dalam situasi nyata. Proyek tersebut dirancang
untuk merefleksikan tantangan yang dihadapi di dunia nyata sehingga siswa dapat
mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada
penelitian ini metode yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal esay.
Tujuan dilakukannya tes ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan
peserta didik pada mata pelajaran IPAS setelah menggunakan metode pembelajaran
Project Based Learning (PjBL). Hasil uji normalitas dan homogenitas
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian,
terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model PjBL terhadap
peningkatan kemampuan berinovasi siswa.