Abstract:
Media pembelajaran Rumput Silam (Rumah Putar Siang dan Malam)
merupakan media atau alat peraga yang berupa sebuah replika rumah yang
berbentuk 3 dimensi yang dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar. Pada
rumah putar siang dan malam ini didalamnya berisikan materi tentang IPAS yang
membahas tentang rotasi bumi, proses terjadinya siang dan malam, serta
terjadinya perbedaan waktu di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui cara pengembangan media rumput silam pada pembelajaran
IPAS siswa kelas V SDN 056608 kw. Begumit serta untuk mengetahui kevalidan
dan kepraktisan pengembangan media rumput silam pada pembelajaran IPAS
siswa kelas V SDN 056608 kw.Begumit. Jenis penelitian ini adalah penelian
Research and Development dengan alur penelitian model ADDIE. Teknik
pengumpulan penelitian melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Rumput Silam
pada pembelajaran IPAS siswa kelas V SDN 056608 kw.Begumit dinyatakan
sangat layak untuk diuji cobakan kepada siswa. Hasil validasi dari ahli media
sebesar 97% sedangkan ahli materi sebesar 92% dan ahli bahasa sebesar 94%
sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa pada media Rumput Silam ini
dinyatakan “sangat layak” untuk diuji cobakan pada pembelajaran di kelas
khususnya pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 056608 kw. Begumit.