Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27692
Title: ANALISIS DAMPAK KERJASAMA TIM, INOVASI LAYANAN, DAN UMPAN BALIK PELANGGAN TERHADAP EFEKTIVITAS OPERASIONAL DI OBJEK WISATA TRANDING CAMP SIKABUNG-KABUNG KEC KUTALIMBARU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Authors: HARAHAP, AFANDI OLOAN
Keywords: Kerjasama Tim;Inovasi Layanan;Umpan Balik Pelanggan
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kerjasama tim, inovasi layanan, dan umpan balik pelanggan terhadap efektivitas operasional di objek wisata Tranding Camp Sikabung-Kabung, Kecamatan Kutalimbaru, serta menguji peran motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan dan pengelola objek wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama tim, inovasi layanan, dan umpan balik pelanggan secara signifikan berpengaruh terhadap efektivitas operasional. Selain itu, motivasi kerja terbukti memperkuat hubungan antara variabel-variabel tersebut dan efektivitas operasional. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola objek wisata dalam meningkatkan efektivitas operasional dengan memperhatikan faktor-faktor internal seperti kerjasama tim dan inovasi layanan, serta faktor eksternal seperti umpan balik pelanggan, yang didorong oleh motivasi kerja karyawan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27692
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AFANDI OLOAN HARAHAP.pdfFull Text2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.