Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27642
Title: PENERAPAN EMPATHY THEORY DALAM PROSES PENDAMPINGAN PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SLB MELATI AISYIYAH DELI SERDANG
Authors: SAPITRI, ALIYA CINDY
Keywords: Empathy Theory;Proses Pendampingan;Anak Down Syndrome
Issue Date: 13-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Teori empati dalam komunikasi interpersonal mendukung pendamping untuk lebih peka pada perasaan anak-anak dengan memahami tantangan emosional mereka, dan memberikan respons yang sesuai. Ketika pendamping menerapkan teori empati, mereka dapat mengenali ekspresi verbal maupun nonverbal anak yang sering kali mencerminkan perasaan yang belum bisa mereka ungkapkan secara langsung. Dalam komunikasi interpersonal, penting untuk tidak hanya mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga memahami perasaan yang tersembunyi di balik kata kata tersebut. Berdasarkan observasi peneliti, masalah yang dialami terdapat pada banyak anak Down Syndrome mengalami kesulitan dalam mengelola emosi mereka yang seringkali menyebabkan mereka merasa frustrasi, dan pada akhirnya menimbulkan ledakan emosi atau tantrum. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka metode yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis di lokasi penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan wawancara dengan 3 orang pendamping atau guru, yang memiliki kemampuan dan pengalaman mengenai implementasi teori empati serta hambatannya dalam pendampingan anak Down Syndrome tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27642
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR ALIYA CINDY SAPITRI.pdfFull Text4.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.