Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model POE (Predict, Observe,
Explain) Terhadap Kemampuan Kritikal Pada Pelajaran IPAS Di Kelas V SD
Muhammadiyah 13 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deksriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu
eksperimen dengan jumlah 24 siswa menggunakan model POE (Predict, Observe,
Explain) dan kelas control dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengumpulan
data pada penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan kritikal siswa kelas V pada kelas control
menunjukkan peningkatan dari nilai pretest sebesar 50,42 menjadi 65,42 pada
postest, namun hanya 50% siswa mencapai ketuntasan, menandakan bahwa
pembelajaran konvesional belum maksimal dalam mengembangkan kemampuan
kritikal siswa. Kemampuan kritikal siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan
signifikan setelah diterapkan model POE, dari nilai pretest 48,82 menjadi 80,24%,
menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap kemampuan kritikal siswa.