Research Repository

Penerapan Action Assessment Theory Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di YPD HARAPAN BARU KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-05-28T08:56:40Z
dc.date.available 2025-05-28T08:56:40Z
dc.date.issued 2025-04-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27624
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan action assessment Theory dalam Proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Yayasan Pendidikan Dwituna (YPD) Harapan Baru. Teori ini menekankan pentingnya assesmen berbasis Tindakan nyata yang dilakukan secara berkelanjutan dan kontekstual, sehingga mampu menggambarkan perkembangan siswa secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan action assessment theory di YPD dilakukan melalui observasi aktif, penilaian berkelanjutan, pendekatan individual, serta refleksi dan penyesuaian strategi pembelajaran. Setiap anak dinilai berdasarkan perkembangan morotik, sosial, kognitif, dan kemandiriannya melalui aktivitas sehari-hari dan proyek praktik. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan beragam nya kebutuhan siswa, kolaborasi antara guru, orangtua dan terapi membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa action assessment theory mampu mendukung proses pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Action Assessment Theory en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.subject Pendidikan Inklusif en_US
dc.subject YPD Harapan Baru Kota Medan en_US
dc.title Penerapan Action Assessment Theory Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di YPD HARAPAN BARU KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account