Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27624
Title: Penerapan Action Assessment Theory Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di YPD HARAPAN BARU KOTA MEDAN
Keywords: Action Assessment Theory;Pembelajaran;Anak Berkebutuhan Khusus;Pendidikan Inklusif;YPD Harapan Baru Kota Medan
Issue Date: 25-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan action assessment Theory dalam Proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Yayasan Pendidikan Dwituna (YPD) Harapan Baru. Teori ini menekankan pentingnya assesmen berbasis Tindakan nyata yang dilakukan secara berkelanjutan dan kontekstual, sehingga mampu menggambarkan perkembangan siswa secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan action assessment theory di YPD dilakukan melalui observasi aktif, penilaian berkelanjutan, pendekatan individual, serta refleksi dan penyesuaian strategi pembelajaran. Setiap anak dinilai berdasarkan perkembangan morotik, sosial, kognitif, dan kemandiriannya melalui aktivitas sehari-hari dan proyek praktik. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan beragam nya kebutuhan siswa, kolaborasi antara guru, orangtua dan terapi membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa action assessment theory mampu mendukung proses pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27624
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAIRUNNISA.pdfFull text2.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.