Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27620
Title: PERAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PEMBENTUKAN OPINI TENTANG TREN CHILDFREE PADA PASUTRI MENIKAH MUDA DI KOTA MEDAN
Authors: HARAHAP, JIYAD FAKHRI
Keywords: TikTok;childfree;opini
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial TikTok dalam pembentukan opini tentang tren childfree pada pasangan suami istri (pasutri) menikah muda di Kota Medan. Tren childfree, yaitu keputusan untuk tidak memiliki anak, semakin marak dibicarakan di media sosial, khususnya TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan pasutri menikah muda di Kota Medan sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis konten TikTok yang relevan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori agenda setting dan teori uses and gratifications. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk persepsi pasangan muda terhadap childfree, baik sebagai pilihan hidup maupun sebagai fenomena sosial yang berkembang. Paparan terhadap konten childfree memberikan wawasan baru tentang faktor ekonomi, kebebasan pribadi, dan kesehatan mental yang menjadi alasan utama dalam keputusan childfree. Meskipun TikTok berperan dalam membentuk opini publik, keputusan akhir tetap dipengaruhi oleh nilai pribadi, norma sosial, serta dukungan keluarga.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27620
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IJE YG BENAR.pdfFull Text2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.