Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan, faktor emosional, harga, dan kemudahan terhadap kepuasan konsumen
aplikasi Grab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen
UMSU sebanyak 110 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
100 orang dengan menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan
Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 29.00). Secara parsial kualitas
pelayanan, faktor emosional, harga, dan kemudahan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Secara simultan kualitas pelayanan, faktor emosional, harga,
dan kemudahan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada
aplikasi Grab.