Abstract:
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan kegiatan keislaman dalam
meningkatkan akhlakul karimah di SMA Swasta Harapan Mekar, dan menganalisis
bagaimana pengelolaan kegiatan keislaman di SMA Harapan Mekar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui
pendekatan deskriptif yang berlokasi di sekolah SMA Swasta Harapan Mekar Kota
Medan. Fokus penelitian ini yaitu pengelolaan kegiatan keislaman dan akhlakul
karimah siswa. Sumber data yang digunakan adalah sekunder dan primer. Dalam
penelitian ini, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dan dalam penelitian ini, metode analisis data menggunakan
langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kegiatan keislaman dalam
meningkatkan akhlakul karimah siswa di SMA Harapan Mekar yaitu dengan
melalui kegiatan sholat berjamaah, tahsin al-qur’an, pelaksanaan sholat dhuha,
membaca surah yasin, mendengarkan tausiyah, dan pengumpulan infaq. Akhlakul
karimah siswa di SMA Swasta Harpan Mekar yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak
terhadap lingkungan, akhlak terhadap sesama manusia, indikator yang mengatakan
sudah maksimal karena dengan pembiasaan kegiatan keislaman tersebut dapat
merubah siswa secara perlahan-lahan.