Abstract:
Corporate Social Responsibility (CSR), merupakan sebuah komitmen yang
dimiliki oleh perusahaan untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan
Masyarakat, tidak hanya itu tetapi juga untuk pembagunan sosial, ekonomi
disuatu kawasan secara menyeluruh. CSR terbagi menjadi dua bagian yaitu:
internal dan eksternal. pada aspek internal, tanggung jawab ini mencakup
perhatian perusahaan terhadap karyawan. sementara itu, pada aspek eksternal,
perusahaan berperan dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,
meningkatkan kesejahteraan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan
menganalisis strategi komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Hutabayu
Marsada Simalungun dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Teori yang
digunakan dalam penelitian yaitu teori Lasswell. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan Data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik Analisis Data menggunakan Reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Penelitian dilakukan di PT.Hutabayu Marsada Simalungun, Dusun II,
Desa Bahal Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi
biasanya dilakukan dengan perencanaan dalam penyampaian pesan melalui
berbagai elemen komunikasi sehingga pesan menjadi mudah diterima dan
dipahami. Dalam hal ini pola komunikasi yang biasanya dilakukan oleh CSR
PT.Hutabayu Marsada Simalungun dengan berkumpul dengan perwakilan
masyarakat pada sosialisai ataupun mengadakan pertemuan secara langsung dan
juga bentuk komunikasi CSR PT.Hutabayu Marsada Simalungun juga dilakukan
dengan melalui media cetak dan media sosial seperti facebook. PT.Hutabayu
Marsada Simalungun diharapkan akan memberikan dampak yang baik bagi
masyarakat, dengan adanya bantuan dalam bidanga-bidang tertentu diharapkan
msyaarakat dapaat sedikit terbantu dan diharapkan dapat memperbaiki lingkungan
dan fisik sosial karena kemiskinan sering kali disebabkan oleh pendapatan yang
terbatas dan ekonomi yang sulit. PT.Hutabayu Marsada Simalungun yakin bahwa
CSR merupakan titik awal pembentukan citra perusahaan, dan CSR PT.Hutabayu
Marsada Simalungun juga mencakup orientasi jangka panjang.