Abstract:
Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, pemasaran produk secara
online menggunakan media sosial semakin meningkat, termasuk di dalam industri
fashion hijab. Kurangnya strategi promosi dalam membuat konten, layanan
pelanggan, dan promosi dari mulut ke mulut secara online yang bersifat positif
dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap merek dan menunda
keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh langsung digital marketing, E-WOM, dan minat beli
terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
langsung digital marketing dan E-WOM terhadap minat beli, serta untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh tidak langsung digital marketing dan E WOM terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Metode penelitian ini
yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel penelitian ini sebanyak
384 mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas
Islam Sumatera Utara, dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang
menggunakan produk Umama Scarf. Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran
kuesioner dan teknik analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan
aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini adalah digital marketing berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dan juga minat beli, E-WOM tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun memiliki pengaruh
signifikan terhadap minat beli. Hasil terakhir, minat beli dapat memediasi
pengaruh digital marketing dan E-WOM terhadap keputusan pembelian.