Abstract:
Keputusan Pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk
melakukan pembelian sebuah produk. Banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen, diantaranya adalah harga dan online consumer
reviews. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan online
consumer reviews terhadap keputusan pembelian produk kategori fashion di Shopee
(Studi Kasus pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara). Populasi dalam penelitian ini adalah
Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara (UMSU) dengan 100 sampel Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang pernah berbelanja
produk kategori fashion di Shopee dalam 1 tahun terakhir. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket atau kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data menggunakan regresi berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F
dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisa data dan pembahasan dalam penelitian maka diperoleh
kesimpulan yaitu ada pengaruh namun tidak signifikan antara harga terhadap
keputusan pembelian pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Kemudian ada pengaruh secara signifikan antara
online consumer reviews terhadap keputusan pembelian produk kategori fashion di
Shopee. Selain itu secara simultan dan signifikan ada pengaruh harga dan online
consumer reviews terhadap keputusan pembelian produk kategori fashion di
Shopee.