Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27544
Title: MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI KORPS PASUKAN SMA NEGERI 2 (KOPASDA) TEBING TINGGI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA
Authors: YOLA FRANSISKA, SIREGAR
Keywords: Manajemen komunikasi;Komunikasi Organisasi;Partisipasi anggota;KOPASDA
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen komunikasi organisasi Korps Pasukan SMA Negeri 2 (KOPASDA) Tebing Tinggi dalam meningkatkan partisipasi anggota. KOPASDA sebagai organisasi sekolah memiliki peran penting dalam membentuk kedisiplinan, kepemimpinan, dan solidaritas di kalangan siswa. Namun, tantangan partisipasi anggota sering kali muncul akibat kurangnya pemahaman terhadap pola komunikasi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait strategi komunikasi internal yang digunakan, hambatan-hambatan yang dihadapi, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi yang efektif, termasuk adanya keterbukaan informasi, penggunaan media komunikasi yang sesuai, serta pendekatan komunikasi interpersonal, berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi anggota. Selain itu, kepemimpinan yang komunikatif dan pemberian apresiasi terhadap kontribusi anggota juga menjadi faktor pendukung keberhasilan KOPASDA dalam menjaga partisipasi aktif anggotanya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi organisasi sekolah lainnya dalam mengoptimalkan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan bersama.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27544
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yola Fransiska Siregar_2103110289.pdfFull Text4.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.