Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27424
Title: STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK GAMIFIKASI BAGI SISWA DI SD NEGERI 104245 TUMPATAN
Authors: SARI, FIRDA
Keywords: Komunikasi;Strategi Komunikasi;Teknik Gamifikasi
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara formal atau nonformal dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dengan peserta didik, pembelajaran merupakan cara pendidik memberikan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik. Dalam penerapan teknik gamifikasi dalam pembelajaran tidak selalu berjalan dengan baik. Masalah yang muncul saat penerapan pembelajaran gamifikasi yaitu siswa ketergantungan pada permainan daripada tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi guru dalam menerapkan teknik gamifikasi bagi siswa di SD Negeri 104245 Tumpatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Laswell. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka hasil dari penelitian ini adalah pentingnya proses pembelajaran menggunakan teknik gamifikasi yang dimana teknik gamifikasi dalam pembelajaran telah memberikan dampak positif bagi siswa. guru merasa bahwa setelah metode ini diterapkan, siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Hanya saja sebagian siswa hanya berfokus pada aspek permainannya saja tanpa mengikuti proses pembelajaran itu.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27424
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR_FIRDA SARI_2103110055.pdfFull Text3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.