Abstract:
Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara formal
atau nonformal dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik.
Pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dengan peserta didik, pembelajaran
merupakan cara pendidik memberikan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
Dalam penerapan teknik gamifikasi dalam pembelajaran tidak selalu berjalan
dengan baik. Masalah yang muncul saat penerapan pembelajaran gamifikasi yaitu
siswa ketergantungan pada permainan daripada tujuan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi guru dalam
menerapkan teknik gamifikasi bagi siswa di SD Negeri 104245 Tumpatan. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Laswell. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti
adalah teknik analisis kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka hasil
dari penelitian ini adalah pentingnya proses pembelajaran menggunakan teknik
gamifikasi yang dimana teknik gamifikasi dalam pembelajaran telah memberikan
dampak positif bagi siswa. guru merasa bahwa setelah metode ini diterapkan, siswa
menjadi lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat dan berpartisipasi
dalam kegiatan kelas. Hanya saja sebagian siswa hanya berfokus pada aspek
permainannya saja tanpa mengikuti proses pembelajaran itu.