Abstract:
Penelitianinibertujuanuntuk
Diterima:2025-02-07
Direvisi:2025-03-23
Dipublikasi:2025-04-10
Katakunci:Kes
alahanSiswa;Soa
lCerita;Pembagia
n.
menganalisiskesalahansiswadalammenyelesaikansoal
cerita materi pembagian pada siswa kelas III di Sanggar Bimbingan Kampung Baru
Malaysia. Kesalahan siswa dikategorikan ke dalam tiga aspek, yaitu kesalahan konsep.
Kesalahan prosedur dan kesalahan operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif, melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep
pembagian, menyususn model matematika dari soal cerita, serta melakukan
perhitungan secara benar. Faktor utama penyebab kesalahan meliputi kurangnya
pemahaman konsep dasar, kesulitan dalam membaca dan memahami soal cerita, serta
kelemahanpenyelesaianyangtepat.Penelitian inimemberikan rekomendasiagarguru
lebih menekankan pemahaman konsep pembagian dengan pendekatan yang lebih
kontekstual dan interaktif, serta memberikan bimbingan dalam menyelesaikan soal
cerita. Selain itu, diperlukan penguatan literasi matematika siswa untuk meningkatkan
pemahaman mereka dalam menyelesaikan soal cerita dengan benar.