Abstract:
Kualitas produk dan harga sangat erat hubungannya dengan keputusan
pembelian, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh orang perorangan,
kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka
baik terhadap kebutuhan terhadap barang maupun jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian serta mengetahui
dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama antara kualitas produk dan
harga terhadap keputusan pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UMSU.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i yang
menggunakan laptop Asus pada Fakutas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Peneliti
mengambil sampel dengan teknik Non Probability sampling yaitu menentukan
sampel dari populasi yang berpeluang sama untuk dijadikan sampel sebanyak 50
responden dengan metode quota sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, angket (kuesioner), uji validitas, uji reliabilitas,
regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1)
secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y) dengan nilai thitung 3,449 > ttabel 2,013, dan variabel Harga (X2)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)
dengan nilai thitung 3,579 > ttabel 2,013. Berdasarkan uji secara simultan variabel
kualitas produk dan harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung 33,489 > ftabel 3,209 dan nilai
koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar
0,588. Hal ini memiliki arti bahwa 58,80% variabel keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel merek (X1) dan harga (X2). Sedangkan sisanya sebesar
41,20% dapat dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan
dalam penelitian ini.