Abstract:
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan salah satu komponen
penting dalam pendidikan guru yang bertujuan untuk memberikan pengalaman
praktis bagi mahasiswa dalam memahami kondisi nyata di lapangan. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP 3 FKIP UMSU. Metode penelitian
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier
sederhana. Populasi penelitian ini adalah 431 mahasiswa peserta PLP 3 FKIP
UMSU, dengan sampel yang terdiri dari 81 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara PLP dengan
kesiapan mengajar mahasiswa, dengan nilai sebesar 10,358 dan tingkat
signifikansi 0,002 < 0,05. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 11,6%
menunjukkan bahwa pengaruh PLP terhadap kesiapan mengajar mahasiswa
adalah sebesar 11,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
program PLP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar
mahasiswa PLP 3 FKIP UMSU.