Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27349
Title: ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THRIFTING MELALUI LIVE STREAMING TIKTOK PADA AKUN @ELEVEN02SHOP
Authors: MELYA, ELYANI
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran;Thrifting;Live Streaming Tiktok
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Akun @eleven02shop merupakan sebuah toko online yang menggunakan konsep thrifting atau baju bekas melalui platform TikTok, dengan strategi pemasaran utama berupa live streaming. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh @eleven02shop dalam menarik audiens, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan produk. Strategi komunikasi pemasaran berperan penting dalam mengenalkan produk kepada konsumen serta meningkatkan keuntungan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada sesi live streamin g untuk menganalisis interaksi antara @eleven02shop dan audiens, wawancara dilakukan untuk menggali persepsi pelanggan, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data statistik pengikut, interaksi, serta penjualan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan mengacu pada konsep Marketing Mix 7P, yang meliputi product, price, place, dan promotion, serta tiga elemen tambahan: people, process, dan physical evidence ini efektif dalam meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan audiens, dengan pencapaian lebih dari 18.000 pengikut dan hampir 50.000 likes. Setiap sesi live streaming terbukti berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan, dengan penjualan yang meningkat setelah setiap sesi dilakukan, terutama ketika interaksi audiens lebih aktif dan promo menarik diberikan selama live streaming. Meskipun menghadapi tantangan dalam pemilihan waktu live streaming dan persaingan, @eleven02shop berhasil menciptakan pengalaman belanja yang interaktif dan membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa @eleven02shop berhasil memanfaatkan TikTok untuk mengembangkan brand dan meningkatkan penjualan produk thrifting.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27349
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MELYA ELYANI.pdfFull Text2.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.