Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan citra merek sebagai variabel
intervening pada pengguna produk The Originote di Kota Medan. Latar belakang
penelitian ini dilandasi oleh tingginya persaingan industri skincare dan pentingnya
pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen serta
loyalitas mereka terhadap produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survei terhadap pengguna produk The Originote di Kota
Medan, dan teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Populasi dalam penelitian ini pengguna
produk The Originote di kota medan, dengan sampel sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, promosi, dan kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara langsung maupun
melalui citra merek sebagai variabel intervening. Kualitas produk merupakan faktor
yang paling dominan memengaruhi kepuasan konsumen. Sementara itu, citra merek
terbukti memperkuat hubungan antara ketiga variabel independen terhadap
kepuasan konsumen.
Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan untuk lebih
memfokuskan strategi pemasaran pada peningkatan kualitas produk serta
membangun citra merek yang kuat guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas
konsumen.