dc.description.abstract |
Strategi kreatif penyiaran merupakan strategi yang digunakan oleh penyiar atau
stasiun radio untuk menciptakan konten menarik, relevan, inovatif untuk menarik
minat mendengar generasi Z. Penelitian ini menggunakan teori Peter K. Pringle.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif program siaran “Ngopi
Aja” media radio kiss 105 FM Medan dalam meningkatkan minat mendengar
pada generasi Z. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dimulai
dengan mengumpulkan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menemukan strategi kreatif Radio Kiss 105 FM Medan dalam meningkatkan
minat mendengar generasi Z dengan cara melakukan survei langsung untuk
meningkatkan kualitas penyiaran Radio Kiss 105 FM Medan, selain itu Radio
Kiss 105 FM Medan memanfaatkan platform media seperti Instagram, Tiktok
untuk membuat konten menarik yang relate dengan generasi Z sehingga dapat
meningkatkan minat mendengar generasi Z. Radio Kiss 105 FM Medan berhasil
menerapkan beberapa startegi kreatif program siaran, termasuk pendekatan atau
interaksi dengan pendengar sebagai perencanaan, pengorganisasi, pengawasan
rutin serta evaluasi kinerja program siaran sehingga dapat meningkatkan minat
mendengar generasi Z Radio Kiss 105 FM Medan. |
en_US |