Abstract:
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kesalahan menulis kosa kata Bahasa
Indonesia pada siswa Nida Suksasat School Thailand. Riset ini memakai metode
deskriptif kualitatif, di mana peneliti mendeskripsikan temuan data tanpa
melibatkan angka-angka secara statistik. Penelitian ini dilakukan di Nida Suksasat
School, Thailand, dengan subjek penelitian berupa siswa yang mempelajari
bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diatas, terdapat banyak siswa
yang salah dalan menuliskan kosa kata. Pada kata “Menyanyi “ memiliki
presentase 64%, pada kata “ Melukis” memiliki presentase 40%, pada kata
“ Memasak” memiliki presentase 28%, pada kata “ Membaca” memiliki
presentase 36%, pada kata “ Bersepeda” memiliki presentase 64% dan terakhir
pada kata “ Berbelanja” memiliki presentase 92%. Baik faktor internal maupun
eksternal berkontribusi pada kesalahan ejaan dan kesalahan penulisan lainnya di
Sekolah Nida Suksasat Thailand. Salah satu faktor yang paling penting adalah
faktor yang dibawa oleh setiap siswa dari dalam diri mereka sendiri. Lima
komponen yang membentuk variabel internal adalah sebagai berikut: usia, ketidakmampuan, kurangnya rasa percaya diri, motivasi yang kurang, dan
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 09 Nomor 04, Desember 2024
688
kecerobohan. Faktor interferensi bahasa (transfer negatif), konten yang
menantang, waktu yang tidak efisien, dan lingkungan yang tidak sesuai adalah
empat komponen yang membentuk faktor eksternal