Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencari tahu program CSR dalam
meningkatkan perekonomian di daerah Labuhan Batu Selatan khususnya
Kampung Rakyat. Penelitian ini mengkaji Komunikasi public relation CSR dalam
meningkatkan perekonomian Kampung Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pelaksanaan kegiatan CSR PT. Supra Matra Abadi (SMA) dalam
meningkatkan perekonomian daerah kabupaten Labuhan Batu Selatan.. Analisis
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data dengan metode
Wawancara, observasi (Pengamatan), dan Dokumentasi. Adapun narasumber dari
penelitian ini berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan
PT. Supra Matra Abadi (SMA) melaksanakan program CSR-nya dengan cara
melakukan sosialisasi terhadap masyarakat lingkungan perusahaan dengan tujuan
untuk mengetahui apa yang diinginkan masyarakat tersebut. Dengan ini perusahan
menjalankan tahap demi tahap upaya proses meningkatkan perekonomian
masyarakat sekitar perusahaan. Melalui proses mengidentifikasi, menetapkan dan
menjaga hubungan antara perusahaan dengan masyarakat yang menentukan
keberhasilan atau kegagalan public relation dalam menjalankan program CSR-nya
upaya meningkat perekonomian masyarakat.