Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27195
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECOPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 025281 BINJAI |
Authors: | Asnani, Yuni Tri |
Keywords: | Keterampilan Berfikir Kritis;Ecopreneurship;IPA. |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Ecopreneurship dapat berpengaruh pada Keterampilan Berpikir Kritis siswa atau tidak. Penelitian Ini menggunakan metode Kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan Model Pembelajaran Ecopreneurship penelitian dilaksanakan di SD Negeri 025281 Binjai, Kecamatan Binjai Utara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A 30 Siswa dan Kelas IV-B 30 Siswa yang berjumlah keseluruhannya sebanyak 60 siswa. Berdasarkan distribusi frekuensi nilai hasil Tes siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Ecopreneurship. Model Pembelajaaran Konvensional kelas kontrol sebesar 78,53 sedangakan berdasarkan distribusi frekuensi nilai Tes siswa sesudah menggunakan Model pembelajaran Ecopreneurship rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 85,69 disini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa di Kelas IV SD Negeri 025281 Binjai. Hipotetsis yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu nilai signifikansi 2-sided Equel Variance assumed adalah 0.000 < 0.05 berdasrkan kriteria penguji maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh Model Pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Dalam penelitian diharapkan siswa lebih meningkatkan kegiatan belajar ketika pemebelajaran berlangsung, berani mengajukan pertanyaan memiliki rasa ingin tau yang besar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Model Pembelajaran Ecopreneurship terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27195 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI - YUNI TRI ASNANI (2102090109) NEW 2.pdf | Full Text | 9.6 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.