Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “PANEN KANCIL” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 107418 BANGUN SARI BARU

Show simple item record

dc.contributor.author WULANDARI, TANTRI AYU
dc.date.accessioned 2025-05-14T07:58:47Z
dc.date.available 2025-05-14T07:58:47Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27168
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran "Panen Kancil" terhadap pemahaman konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di SDN 107418 Bangun Sari Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini melibatkan 67 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media "Panen Kancil" dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep KPK siswa yang diajarkan dengan media "Panen Kancil", dengan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen mencapai 78.67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62.50. Uji statistik menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran "Panen Kancil" berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep KPK siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar matematika. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Panen Kancil en_US
dc.subject Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “PANEN KANCIL” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 107418 BANGUN SARI BARU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account