Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran "Panen
Kancil" terhadap pemahaman konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada
siswa kelas IV di SDN 107418 Bangun Sari Baru. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control
Group. Penelitian ini melibatkan 67 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok eksperimen yang menggunakan media "Panen Kancil" dan kelompok
kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep KPK siswa
yang diajarkan dengan media "Panen Kancil", dengan rata-rata nilai posttest
kelompok eksperimen mencapai 78.67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62.50.
Uji statistik menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran "Panen Kancil"
berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep KPK siswa. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan
motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar matematika.