Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27168
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDARI, TANTRI AYU-
dc.date.accessioned2025-05-14T07:58:47Z-
dc.date.available2025-05-14T07:58:47Z-
dc.date.issued2025-04-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27168-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran "Panen Kancil" terhadap pemahaman konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di SDN 107418 Bangun Sari Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini melibatkan 67 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media "Panen Kancil" dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep KPK siswa yang diajarkan dengan media "Panen Kancil", dengan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen mencapai 78.67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62.50. Uji statistik menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran "Panen Kancil" berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep KPK siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar matematika.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPanen Kancilen_US
dc.subjectKelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)en_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “PANEN KANCIL” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 107418 BANGUN SARI BARUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TANTRI FIKS ( OK).pdfFull Text5.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.