Research Repository

PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author FITRI, ANISYAH
dc.date.accessioned 2025-05-14T07:55:51Z
dc.date.available 2025-05-14T07:55:51Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27167
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2, yang ditandai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah 19 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, hanya 32,2% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Big Book en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Permulaan en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account